Powered By Blogger

Thursday, June 30, 2011

Spesialis Kesehatan Anak - Sub Spesialis Perinatologi

Kelompok Kerja Perinatologi RSAB Harapan Kita
KK Perinatologi memberikan pelayanan disertai dukungan dokter perinatologi siap 24 jam di rumah sakit untuk optimalisasi pelayanan 24 jam di semua level perawatan dengan 36 perawat kompetensi mahir dan 65 perawat perinatologi.


Kelompok Kerja Perinatologi (KK Perinatologi) RSAB Harapan Kita merupakan salah satu kelompok kerja di RSAB Harapan Kita yang melaksanakan pelayanan, pendidikan dan pelatihan dalam bidang Sub Spesialisasi Perinatologi. Dimulai sejak 1991, KK Perinatologi telah melakukan kegiatannya baik secara internal maupun eksternal dengan kelompok kerja lainnya.

Secara internal KK Perinatologi melakukan pelayanan meliputi level 1, level 2 dan level 3. Sedangkan secara eksternal KK Perinatologi didukung oleh Tim Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi dan Tim Dokter Spesialis terkait seperti Dokter Spesialis Jantung Anak, Dokter Spesialis Bedah Anak, Dokter Spesialis Bedah Syaraf, Dokter Spesialis Bedah Tulang, Dokter Spesialis Mata, Dokter Spesialis THT, Dokter Spesialis Radiologi, Dokter Spesialis Patologi Klinik, Dokter Spesialis Patologi Anatomi, Dokter Spesialis Genetika Klinik dan Dokter Spesialis Rehabilitasi medis, serta Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Dukungan 6 kamar operasi untuk pelayanan kasus bedah dan obstetri ginekologi siap operasional selama 24 jam.

Pelayanan level 1 meliputi perawatan bayi resiko rendah serta monitoring rawat gabung bayi dengan resiko, juga didukung adanya level 1 khusus yang memungkinkan orang tua dapat langsung ikut serta dalam perawatan bayi selama 24 jam dengan fasilitas kamar khusus untuk orang tua.
Pelayanan Level 2 (’Special/High care’) memberikan pelayanan pada bayi pada kondisi khusus, namun tidak memerlukan monitoring dan penanganan intensif.
Pelayanan Level 3 (’NICU’) memberikan pelayanan khusus pada bayi dengan kegawatan kardiorespirasi.
           
KK Perinatologi memberikan pelayanan disertai dukungan dokter perinatologi siap 24 jam di rumah sakit untuk optimalisasi pelayanan 24 jam di semua level perawatan.
           
KK Perinatologi telah secara rutin melakukan pendidikan dan pelatihan baik untuk dokter spesialis anak sampai perawat. Program magang/fellowship Perinatogi dilakukan bagi dokter spesialis anak yang membutuhkan tambahan kemampuan dan ketrampilan dalam bidang perinatologi yang dilakukan minimal 3 - 6 bulan/angkatan. Sedangkan pelatihan perawat NICU, hingga tahun 2009 telah dilakukan pelatihan sebanyak 9 angkatan (30-35 perawat/angkatan). Total perawat yang telah dilatih sebanyak 300 perawat NICU yang tersebar mulai dari Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara

Tim Kelompok Kerja Perinatologi :
           
Dr. Titut S Pusponegoro, SpA (Alm)
Dr. Budining Wirastari, SpA (Purna-bakti)
Dr. Sumarwoto SpA, (Purna-bakti)
Dr. Ferdy P Harahap, SpA (Purna-bakti)
Dr. Eriyati Indrasanto, SpA(K) (Purna-bakti)
Dr. Tb Rudy Firmansyah, SpA
Dr. Toto Wisnu Hendarto, SpA
Dr. Johanes Edy Siswanto, SpA(K)
Dr. Setyadewi Lusyati, SpA(K)
Dr. Engkie Achmad Djauharie, SpA
Dr. Akira Prayudijanto, SpA



Kelompok Kerja Perinatologi RSAB Harapan Kita Jakarta
Jl. Letjen. S Parman kav 87, Slipi Jakarta Barat
Telp. (021) 5668284
Ruang Kemuning (NICU) pes. 1301       
Ruang Seruni pes. 2250

No comments:

Post a Comment