Powered By Blogger

Thursday, June 30, 2011

Spesialis Kesehatan Anak - Sub Spesialis Alergi & imunologi Anak

APAKAH TES ALERGI ITU?

Pada alergi, tubuh menghasilkan suatu zat, yaitu IgE (immunoglobulin E) dalam jumlah yang berlebihan. Tes alergi adalah cara untuk mengukur peningkatan IgE tersebut.

Slapa yang perlu Tes Alergi ?

Pada anak dengan gejala alergi yang menetap dan sulit untuk dikontrol sebaiknya dilakukan tes alergi, meliputi pasien dengan asma derajat sedang atau berat yang sering kambuh, pasien asma yang menjalani pengobatan steroid dosis tinggi, atau anak dengan eksim/dermatitis atopi, rhinitis atau konjungtivitis yang berat. Anak yang sangat dicurigai alergi tetapi belum dapat dikonfirmasi diagnosisnya sebaiknya dilakukan tes alergi. Selain itu, anak yang dicurigai alergi makanan, khususnya jika penyebabnya banyak dan menjalani pembatasan makanan, sebaiknya dilakukan tes alergi.

Bagaimanakah tes alergi dilakukan?

Uji gores kulit (skin prick test) Uji gores kulit dilakukan dengan meneteskan sejumlah kecil allergen yang dicurigai pada kulit yang normal dan dengan menggunakan jarum yang kecil dilakukan penggoresan ke dalam kulit. Tes ini aman dan tidak nyeri. Dapat dilakukan pada semua golongan usia.

Persyaratan:
•    Anak tidak boleh mengkonsumsi antihistamin kerja singkat (CTM, hidroksizin, prometazin) selama 3 hari
      atau  anti histamin kerja lama (setirizin, loratadin) selama 1 minggu sebelum tes.
•    Terdapat daerah kulit normal yang cukup (tidak dapat dilakukan pada anak dengan eksim yang luas).

Tes darah (tes in vitro)

Tes darah meliputi pengambilan darah pada anak dan dites untuk melihat apakah anak alergi terhadap berbagai allergen yang sering. Tes ini tidak sesensitif tes kulit, lebih mahal dan memerlukan pengambilan darah. Namun tes ini cocok untuk pasien yang tidak dapat lepas dan" antihistamin atau pada pasien dengan eksim yang berat.

Mana yang lebih baik:
uji gores kulit atau tes darah?


Masing-masing tes memiliki keuntungannya. Kadang-kadang dokter akan menganjurkan untuk melakukan keduanya untuk membuat penilaian yang akurat terhadap kecenderungan alergi. Namun biasanya tes kulit cukup baik untuk skrining awal.

Seberapa akuratkah tes ini?

Tes ini memiliki nilai duga negatif yang baik (artinya tes yang negatif menunjukkan bahwa zat tersebut tidak menyebabkan alergi). Namun nilai duga positifnya rendah (artinya tes yang positif tidak selalu akurat). Dokter anda adalah orang yang paling tepat untuk mengartikan tes tersebut untuk anda.


Tim Dokter Klinik /Alergi A Imunologi Anak:
•    Dr. Martani Widjajanti, SpA
•    Dr. Endah Citraresmi, SpA

Klinik Alergi & Imunologi Anak RSAB Harapan Kita
E-mail: alcrgi-RSAB@yahoo.com
Rabu-Jumat 10.30-13.00

No comments:

Post a Comment